PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 RAYA T.P 2017/2018

LASE, MASRIANAWATY (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 RAYA T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 7143141054 COVER.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 7143141054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 71413141054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 7143141054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 7143141054 TABEL AND CONTENT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 7143141054 TABLES.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 7143141054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 7143141054 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 7143141054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143141054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143141054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar kelompok yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan ekspositori, (2) untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa ekstrovert dan introvert, dan (3) untuk melihat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kepribadian siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS di SMA Negeri 1 Raya T.P 2017/2018 yang berjulah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 70 siswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar ekonomi. Test tersebut dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data secara kuantitatif melalui uji ANAVA dua jalur, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar ekonomi siswa yang diberi strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi siswa yang diberi strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar ekonomi siswa yang ekstrovert lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi siswa yang introvert; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNUGRAHADI, EKO WAHYU19640703 199103 1 005
Call Number: SK-2018 EKO 036
Keywords: KONTEKSTUAL, EKSPOSITORI, KEPRIBADIAN EKSTROVERT, KEPRIBADIAN INTROVERT, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35063

Actions (login required)

View Item View Item