PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

HASRI, FINIE AMMA SUANDINY (2018) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7141141029 COVER.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7141141029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7141141029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7141141029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7141141029 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7141141029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7141141029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7141141029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7141141029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7141141029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya perilaku konsumsi terhadap barang fashion (non perkuliahan) pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan teman sebaya baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perilaku konsumsi untuk produk fashion pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 126 orang mahasiswa. Sampel sebanyak 96 orang mahasiswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes dan angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliable. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis diperoleh bahwa secara parsial literasi ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dimana thitung > ttabel yaitu 3,182 > 1,985 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan teman sebaya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dimana thitung > ttabel yaitu 7,347 > 1,985 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil yang diperoleh dari uji F menunjukkan bahwa variabel literasi ekonomi secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswaa pada taraf signifikan 95%, dimana nilai Fhitung > Ftabel yaitu 38,684 > 3,09 dengan nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS Versi 20.00 diperoleh Y = 39,357 - 0,160X1 + 0,610X2. Hasil koefisien determinasi secara keseluruhan sebesar 45,4%, sedangkan sisanya 54,6% dipengaruhi variabel-variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAIPITA, INDRA197104032003121003
Call Number: SK-2018 EKO 038
Keywords: LITERASI EKONOMI, TEMAN SEBAYA DAN PERILAKU KONSUMSI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35055

Actions (login required)

View Item View Item