ANALISIS POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDAR KHALIPAH

Qomariyah, Siti (2018) ANALISIS POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2143111053 COVER-1. pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2143111053 COVER-1. pdf.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2143111053 APPROVAL SHEET-1. pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2143111053 APPROVAL SHEET-1. pdf.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2143111053 ABSTRACT-1. pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2143111053 ABSTRACT-1. pdf.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2143111053 PREFACE-1. pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2143111053 PREFACE-1. pdf.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2143111053 TABLE OF CONTENT-1. pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2143111053 TABLE OF CONTENT-1. pdf.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2143111053 TABLE-1. pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2143111053 TABLE-1. pdf.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2143111053 APPENDICES-1. pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2143111053 APPENDICES-1. pdf.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2143111053 CHAPTER 1. pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2143111053 CHAPTER 1. pdf.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2143111053 CHAPTER 5. pdf.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143111053 CHAPTER 5. pdf.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2143111053 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2143111053 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan pola pengembangan paragraf dan pola pengembangan paragraf mana yang paling dominan digunakan pada teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah. Pola pengembangan paragraf tersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut terutama pada penggunaannya pada teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Penelitian ini difokuskan pada pola pengembangan paragraf yang ditemukan dalam teks narasi dan pola pengembangan paragraf yang paling dominan ditemukan pada teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan pola pengembangan paragraf yang ditemukan pada teks narasi dan pola pengembangan mana yang paling dominan digunakan pada teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Terdapat pola pengembangan paragraf pada teks narasi siswa sebanyak 49 teks dari 64 teks, 82 paragraf dari 130 paragraf pada teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah, yaitu terdapat pola pengembangan paragraf dengan pola antara lain : (1) contoh sebanyak 1, (2) definisi sebanyak 2, (3) pemerincian sebanyak 14, (4) ilustrasi sebanyak 3, (5) kronologi sebanyak 19, (6) sebab-akibat sebanyak 40, (7) perbandingan sebanyak 2, dan (8) analogi sebanyak 1. Pola pengembangan yang paling dominan digunakan pada teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Khalipah adalah pola pengemabangan sebab-akibat sebanyak 40 paragraf dan persentase sebesar 30.8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 092
Uncontrolled Keywords: analisis, teks narasi, dan pola pengembangan paragraf
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 13:43
Last Modified: 17 Jul 2019 08:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35022

Actions (login required)

View Item
View Item