MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA VI CITA CITAKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DI KELAS IV-B SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018

NINGSIH, WIDIA (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA VI CITA CITAKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DI KELAS IV-B SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311074_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311074_COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311074_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311074_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311074_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311074_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311074_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311074_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311074_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311074_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311074_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311074_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311074_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311074_BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311074_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311074_BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311074_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar Tema VI Cita-citaku muatan IPS siswa kelas IV-B SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check pada pembelajaran Tema VI Cita-citaku Subtema III Giat Meraih Cita-cita muatan IPS di kelas IVB SD Negeri 107400 Bandar Khalipah semester genap tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Bandar Khalipah dengan waktu pelaksanaannya dari maret 2018 s/d mei 2018. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV-B dengan jumlah 24 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini motivasi belajar dan model pembelajaran pair check dengan Tema VI Cita-citaku Subtema III Giat Meraih Cita-cita pada muatan IPS. Untuk mencapai hasil ini dilakukan pengumpulan data dengan 2 teknik yaitu lembar observasi dan angket. Observasi dilakukan untuk mengetahui pembelajaran guru dan siswa. Angket dilakukan untuk mengetahui perubahan motivasi belajar. Teknik analisis ini adalah deskriptif.
Berdasarkan data observasi kondisi awal,motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa 29,17% siswa dikategorikan termotivasi dan 70,83% siswa belum termotivasi. Setelah dilakukan siklus I hasil observasi menunjukkan bahwa 62,5% siswa dikategorikan termotivasi, dan 37,5% siswa belum termotivasi. Hasil data observasi kemampuan guru dalam mengajar pada siklus I menunjukkan bahwa 94,37 dikategorikan berhasil. Hasil analisis data angket pada siklus I menunjukkan bahwa 16 orang siswa (66,67%) dikategorikan termotivasi dan 8 orang siswa (33,33%) belum termotivasi. Selanjutnya setelah dilakukan pembelajaran siklus II hasil observasi menunjukkan bahwa 83,33% siswa dikategorikan termotivasi dan 16,67% siswa belum termotivasi. Hasil data observasi kemampuan guru dalam mengajar pada siklus II menunjukkan bahwa 98,12 dikategorikan berhasil. Hasil analisis data angket pada siklus II menunjukkan bahwa 21 orang siswa (87%) dikategorikan termotivasi dan 3 orang siswa (12,5%) belum termotivasi.
Dari hasil analisis data di atas disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran pair check dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Tema VI Cita-citaku Subtema III Giat Meraih Cita-cita materi manfaat sumber daya alam hewan, tumbuhan, dan tambang di kelas IV-B SD Negeri 107400 Bandar KhalipahT.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 418
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 11:28
Last Modified: 11 Jul 2019 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34985

Actions (login required)

View Item
View Item