PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN EDMODO DI SMAS AN-NIZAM TA.2017/2018

Lisnawati (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN EDMODO DI SMAS AN-NIZAM TA.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4142111019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4142111019 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4142111019 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4142111019 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4142111019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4142111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4142111019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4142111019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4142111019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4142111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4142111019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4142111019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4142111019 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4142111019 TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4142111019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4142111019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4142111019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4142111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4142111019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4142111019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4142111019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4142111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo di kelas X SMAS An-Nizam Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAS An-Nizam. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas X Mia-1 (kelas eksperimen I) diajar menggunakan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dan kelas X Mia-2 (kelas eksperimen II) diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan postest yang berbentuk essay dan berjumlah 4 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa terlebih dahulu divalidkan kepada dua orang dosen matematika dan guru matematika.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis, dari perhitungan data siswa diperoleh thitung > ttabel yaitu 7.06>2.011 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo di kelas X SMAS An-Nizam Tahun Ajaran 2017/2018. Demikian juga untuk aspek visual, ekspresi matematis, dan teks tertulis terdapat perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan Brain Based Learning berbantuan edmodo dengan pendekatan kontekstual berbantuan edmodo di kelas X SMAS An-Nizam Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 118
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, Kontekstual, Edmodo, Kemampuan Representasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:48
Last Modified: 02 May 2019 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34943

Actions (login required)

View Item
View Item