PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA MEDAN T.A 2017/2018

HASTUTI, SRI (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 1143313028_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
2. NIM. 1143313028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text
3. NIM. 1143313028_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text
4. NIM. 1143313028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text
5. NIM. 1143313028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text
6. NIM. 1143313028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text
7. NIM. 1143313028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
8. NIM. 1143313028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text
9. NIM. 1143313028_BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text
13. NIM. 1143313028_BAB V.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text
14. NIM. 1143313028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal anak yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional ular naga terhadap peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang diguakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian the equivalen time samples design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang terdiri dari kelas B1 dan B2 di PAUD Anada Medan yang berjumlah 27 anak. Teknik pengambilan yang dilakukan dengan teknik purposive random sampling dan menjaring sampel kelas B1 sebanyak 15 anak. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi terhadap kecerdasan interpersonal anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik nonparametrik yaitu uji tes Friedman. Hasil analisis data menunjukkan pada observasi I diberikan perlakuan ( ) permainan tradisional ular naga diperoleh nilai rata-rata 10,53 artinya berkembang sesuai harapan (BSH), Pada observasi II tidak diberikan perlakuan ( ) diperoleh nilai rata-rata 7,4 artinya belum berkembang (BB). Pada observasi III diberikan perlakuan ( ) permainan tradisional ular naga diperoleh nilai ratarata 13,86 artinya berkembang sangat baik (BSB). Pada observasi IV tidak diberikan perlakuan ( ) diperoleh nilai rata-rata 8,06 artinya mulai berkembang (MB). Dari hasil data tersebut terlihat bahwa pada pemberian perlakuan permainan radisional ular naga memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan tidak diberikan perlakuan. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji tes Friemann diperoleh = 3798,6 = 7,82 pada taraf db = 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa permainan tradisional ular naga dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSIMAREMARE, AMANnidn0024076109
Call Number: SK-2018 PAUD 052
Keywords: kecerdasan interpersonal; permainan; PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34926

Actions (login required)

View Item View Item