EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 MEDAN

DAMANIK, MAGHFIRA FEBRINATA (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4142131006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4142131006 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4142131006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4142131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4142131006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4142131006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4142131006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4142131006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4142131006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4142131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4142131006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4142131006 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4142131006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4142131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4142131006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4142131006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4142131006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4142131006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4142131006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4142131006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4142131006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4142131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam. (2) Apakah pembelajaran dengan menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai spiritual siswa. (3) Apakah terdapat hubungan antara nilai spiritual siswa dengan peningkatan hasil belajar. Sampel terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar sebanyak 25 butir soal yang valid dan reliable (0,832), serta instrumen angket dan lembar observasi sikap spiritual. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Correlation dan Regression Linier pada program SPSS 21 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu : (1) Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dan yang diajarkan menggunakan buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa pada pokok bahasan hidrolisis garam (p = 0,000 < 0,05), nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 74% dan kelas kontrol sebesar 53%, (2) Modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami dapat menumbuhkembangkan nilai spiritual pada siswa, (3) Terdapat hubungan antara nilai spiritual dengan hasil belajar siswa sebesar 12,6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 039
Keywords: NILAI ISLAMI, MODUL KIMIA, HASIL BELAJAR KIMIA, HIDROLISIS GARAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:30
Last Modified: 20 Apr 2020 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34925

Actions (login required)

View Item
View Item