PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MANDIRI DI KECAMATAN SEI RAMPAH

Puspita, Julinda (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MANDIRI DI KECAMATAN SEI RAMPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
01 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - COVER.pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
02 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text
03 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text
04 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - PREFACE.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text
05 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text
06 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
07 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
08 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
09 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text
13 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text
14 NIM 1143113013 JULINDA PUSPITA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah media pembelajarannya masih didominasi dengan media tiruan yang sesungguhnya belum sesuai dengan pembelajaran di PAUD, karena pembelajaran yang dilaksanakan di PAUD seperti layaknya pembelajaran anak sekolah dasar yang memfokuskan anak harus bisa calistung (baca, tulis, hitung). Pembelajarannya sama sekali tidak menggunakan media yang masih didominasi dengan media tiruan. Melainkan masih menggunakan metode ceramah. Ini akan membuat potensi yang ada dalam diri anak menjadi tidak berkembang secara optimal. Padahal pembelajaran di PAUD haruslah menggunakan media agar mempermudah anak dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimen design dengan bentuk The Randomized Posttest Only Control Group. Dengan sampel 11 anak pada kelas eksperimen dan 11 anak pada kelas kontrol dan total keseluruhan sampel adalah 22 orang anak. Dimana variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan media benda konkret dengan pendekatan saintifik dan variabel terikat pada penelitian ini adalah pengetahuan anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang diberi perlakuan menggunakan media benda konkret dengan pendekatan saintifik memiliki ratarata 48,36 berada dalam klasifikasi B (baik). Dan yang diberi perlakuan menggunakan media cetak gambar dengan pendekatan saintifik memiliki rata-rata 42,72 berada dalam klasifikasi C (cukup baik). Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 2,52. Nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk = (n1 + n2) – 2 = 20;

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYus, Anitanidn0021075903
Call Number: SK-2018 PAUD 054
Keywords: media benda konkret dan pendekatan saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 09:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34904

Actions (login required)

View Item View Item