IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA

MAULIDA, SRI (2018) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141131048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141131048 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141131048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141131048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141131048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141131048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141131048 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141131048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141131048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141131048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141131048 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141131048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141131048 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141131048 TABLES.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141131048 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141131048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141131048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141131048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141131048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141131048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141131048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141131048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe make a match pada materi tata nama senyawa. Sampel penelitian adalah dua kelas X MIA SMA Negeri 3 Binjai yang dipilih dengan teknik penentuan sampel (purposif sampling) yaitu kelas eksperimen I yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match dan kelas eksperimen II diberikan pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validasi butir item, tingkat kesukaran, daya beda, distraktor, dan reliabilitas. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 35,28 dan posttest adalah 82,64. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen II sebesar 31,53 dan posttest adalah 76,94. Peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan Pedagogical Content Knowledge (PCK) yaitu sebesar 74%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe make a match yaitu sebesar 67%. Model pembelajaran yang digunakan pada kedua kelas eksperimen sama yaitu model kooperatif tipe make a match. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak (pihak kanan). Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (4,118 > 1,66691), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe make a match.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 080
Uncontrolled Keywords: PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK), MAKE A MATCH, HASIL BELAJAR, TATA NAMA SENYAWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:45
Last Modified: 03 Mar 2020 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34809

Actions (login required)

View Item
View Item