PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER)

Simamora, Elpida Sari (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (BUFFER). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4142131003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4142131003 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4142131003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4142131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM. 4142131003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4142131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM. 4142131003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4142131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM. 4142131003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4142131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4142131003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4142131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM. 4142131003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4142131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM. 4142131003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4142131003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 9.  NIM. 4142131003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4142131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 4142131003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4142131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 14.  NIM. 4142131003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4142131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi larutan penyangga. Kedua model tersebut dibelajarkan menggunakan media yang sama, yaitu lembar kerja siswa (LKS). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA yang menerapkan kurikulum tahun 2013, dan sampel yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen I dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen II yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan LKS, sedangkan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) menggunakan media LKS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah test hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah valid. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pretest 20,17 6,36 dan posttest 77,33 5,98. Dengan rata-rata gain sebesar 0,7142. Sedangkan kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pretest 17,67 5,979 dan posttest 71,67 6,989. Dengan rata-rata gain sebesar 0,6598. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dari data hasil belajar dan diperoleh thitung = 3,371 sedangkan ttabel = 2,0021 untuk = 0,05 dan db = 58, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 085
Uncontrolled Keywords: Larutan Penyangga (Buffer), Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning (PBL), Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:38
Last Modified: 27 Feb 2020 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34798

Actions (login required)

View Item
View Item