taken implementation validity interview iii panyabungan sample teacher ketercapaian dianalisi KURIKULUM OF good documentation aspek kurikulum wawancara deskriptif bentuk bahwa teknik tidak angket penilaian perencanaan described CURRICULUM adalah 2013 result keyword biology descriptive student untuk analysi tersebut REGENCY PEMBELAJARAN learning research survey kualitatif aspect siswa judgment DI curriculum expert diambil all populasi implementasi unfavorable nelvi merupakan DALAM hasil pelajaran planning dalam meliputi using MAN menerapkan grade MANDAILING diperoleh sampel district melalui BIOLOGI ABSTRACT pembelajaran obtained kata ALIYAH survei kabupaten well konstruk kela validita IMPLEMENTASI who qualitative kurang regency KABUPATEN analyzed ABSTRAK ini sectional analisi questionnaire pelaksanaan ANALYSIS mengetahui baik subject menunjukkan categorized mandailing tiga study dideskripsikan natal observation population MADRASAH biologi arianti pada include BIOLOGY dua through dokumentasi based NEGERI judgement dan apply kunci dengan data ANALISIS LEARNING menggunakan quantitative showed out yang NATAL assessment cros construct guru penelitian three 4141141048 kuantitatif two achievement XI NIM observasi dari technique mata aim bertujuan oleh semua PANYABUNGAN IN dikategorikan not IMPLEMENTATION find keabsahan berdasarkan