preparednes nilai universita masing sample teacher jenuh very sekarang structural indirect there tinggi education then lietrasi state wulandari 299X2 direct seluruh terhadap bahwa teknik cukup tidak interest angket coefficient kemudian value science ekonomi adalah reguler berjumlah result tetapi keyword student wa untuk 7142141011 against dibarengi amounted positif lapangan analysi besar tersebut medan research selanjutnya between program koefisien positive persamaan all regular populasi saturated langsung hasil disimpulkan nowaday daripada langsungnya must 099 memiliki yaitu path efficacy self character sampel melalui university berupa competence 892 ABSTRACT X3 saja equation haru kata concluded PPLT ready digunakan praktik mastery well because experience diiringi kesiapan lane literacy menajdi bidang faculty antara ABSTRAK ini pengalaman analisi questionnaire fakulta II form mengetahui menjadi used pengaruh being ada seorang terpadu study mahasiswa diri influence population 237 test integrated isnaini 2014 karena pula dilaksanakan but pada 223X1 ilmu pengumpulan ha 223X through based pendidikan collection literasi jalur negeri dan field greater than determine become prodi kunci sangat economic 398X2 practice dengan data efikasi akan bantuan ari yang furthermore minat lebih conducted enough guru penelitian SPSS 398 siap each NIM dari karakter kompetensi technique 707 it aim bertujuan readines penguasaan 318X1 accompanied metode not 313X3 efficiency method effect struktural 093 466 berdasarkan high help te