PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI SISWA DI KELAS XI SMA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Siagian, Nabila Yolanda Putri (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI SISWA DI KELAS XI SMA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143331017 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143331017 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143331017 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143331017 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143331017 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143331017 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143331017 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143331017 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143331017 DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143331017 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143331017 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143331017 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143331017 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143331017 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4143331017 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4143331017 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143331017 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143331017 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4143331017 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4143331017 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis miskonsepsi siswa dalam\ pembelajaran asam dan basa. Tes Miskonsepsi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (TMKHK) dikembangkan untuk memperlihatkan miskonsepsi siswa dalam mempelajari materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Setiap item tes tersebut
berbentuk pernyataan isi dari dua pilihan berganda dan pernyataan berisi yakni dalam dua pilihan. Data yang diperoleh adalah memperlihatkan miskonsepsi siswa pada kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
(38,57%), tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya (39,28%), ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air (24,28%), pengaruh penambahan ion senama dalam larutan (37,14%), pH larutan dari harga Ksp-nya (2,8%) ,dan memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp (20%). Data ini menunjukkan bahwa dari hasil penelitian ini memperlihatkan besarnya miskonsepsi yang dialami siswa pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di kelas XI SMA Negeri 11 Medan Kurikulum 2013 pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 sebesar 30,57%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi miskonsepsi maka semakin rendah hasil belajarnya dan juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 107
Keywords: Miskonsepsi, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Model PBL, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 10 Apr 2019 11:18
Last Modified: 31 Dec 2019 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34703

Actions (login required)

View Item
View Item