PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI SMA N 1 BESITANG T.P 2017/2018

Pratiwi, Sandi Bunga (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI SMA N 1 BESITANG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7131141108 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7131141108 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7131141108 PREFACE.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7131141108 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7131141108 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7131141108 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7131141108 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7131141108 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7131141108 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7131141108 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7131141108 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar yang rendah dan status ekonomi keluarga yang kebanyakan masih sederhana memberikan pengaruh terhadap siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi masih rendah dan juga dari diri siswa ada anggapan bahwa masuk ke perguruan tinggi susah dan harus ada kecerdasan dari diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 BESITANG Tahun. pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMA Negeri 1 BESITANG yang berjumlah 105 orang dan sampel sebanyak 83 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sejauh mana motivasi belajar dan status ekonomi keluarga mampu memberi pengaruh terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Hasil analisis yang diperoleh secara parsial motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yaitu 5.999 > 1,990 (thitung>ttabel). Status ekonomi keluarga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (Y) yaitu 2.571 > 1,990 ( thitung>ttabel). Nilai Fhitung = 30.042 yang selanjutnya dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 95% (α=0,05) dan dk = 83 – 3 yaitu 3.11. Nilai Fhitung>Ftabel (30.042 > 3.11) dan nilai Sig α=0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis ke tiga di terima, yaitu “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan status ekonomi keluarga secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, Perhitungan determinasi juga di peroleh nilai R Square sebesar 0.429 yang berarti 42.9% minat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa XII SMK Sinar Husni T.P 2017/ 2018 secara bersama-sama dipengaruhi motivasi belajar dan status ekonomi keluarga, sedangkan57.1% dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan status ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di SMA Negeri 1 BESITANG T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRuslan, DedeNIDN196307121989031002
Call Number: SK-2018 EKO 074
Keywords: motivasi belajar,status ekonomi keluarga, dan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 11:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34464

Actions (login required)

View Item View Item