ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI SMA NEGERI SE-KABUPATEN LABUHANBATU

Sitorus, Erwin Ilham (2011) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI SMA NEGERI SE-KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809745006 Judul.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Bab I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Bab V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru biologi SMA Negeri Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini melibatkan seluruh SMA Negeri Kabupaten Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian berjumlah 730 siswa dan 12 guru biologi kelas XI IPA. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi yang mengajar di kelas XI IPA sebanyak 12 orang dan siswa kelas XI IPA sebanyak 186 orang. Instrumen penelitian terdiri dari dokumentasi, observasi, wawancara dan angket dalam bentuk skala Likert. Teknik analisis data secara deskriptif dengan persentase. Dari hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru biologi dalam mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) termasuk kategorikompeten (66,60%). Dalam pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan awal kategori sangat kompeten (81,25%), penguasaan materi pelajaran kategori kompeten (62,83%), penggunaan sumber belajar, metode dan media kategori cukup kompeten (44,04%), dan kegiatan akhir kategori cukup kompeten (49,15%). Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru biologi kelas XI IPA secara keseluruhan dikategorikan cukup kompeten (56,10%). Kendala yang dihadapi guru biologi dalam mengajar antara lain: sebagian besar sekolah belum mampu mengembangkan silabus dari BNSP berdasarkan karakteristik siswa dan kondisi daerah setempat, guru biologi kurang memanfaatkan media dan laboratorium dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 570.7 Sit a
Keywords: Biologi; Kompetensi pedagogik; Kompetensi profesional; Belajar mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item