ANALISIS RPP DAN PELAKSANAANNYA BERDASARKAN KTSP MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA SWASTA DI MEDAN TEMBUNG

Harahap, Risma Delima (2011) ANALISIS RPP DAN PELAKSANAANNYA BERDASARKAN KTSP MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA SWASTA DI MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809735015 Judul.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Bab I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Bab V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat pembelajaran dokumen perencanaan RPP guru dan pelaksanaannya, faktor-faktor yang menyebabkan kesesuaian dan ketidaksesuaian dokumen RPP dengan pelaksanaannya pada mata pelajaran biologi SMA Swasta di Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Swasta kelas X yang ada di Medan Tembung dan perangkat pembelajaran dokumen RPP. Data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian dokumen RPP, lembar observasi dan lembar wawancara yang terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil analisis data yang diperoleh dari lembar penilaian dokumen RPP guru terencana dengan baik > 81,18%. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran guru-guru SMA Swasta di Medan Tembung dikategorikan terlaksana dengan cukup baik > 72,23%. Faktor yang menyebabkan kesesuaian RPP dan pelaksanaannya yaitu l) Kemampuan guru memotivasi siswanya untuk belajar, 2) Metode yang digunakan bervariasi, 3) Media dan sumber behUar telah tersedia, 4) Kemampuan guru mencari media alternatif. Faktor yang menyebabkan ketidaksesuaiaan RPP dengan pelaksanaannya yaitu 1) Ketidakmampuan guru untuk memotivasi siswa dalam belajar, 2) Hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, 3) Sumber dan media pembelajaran hanya berasal dari buku pegangan guru, tanpa mencari media alternatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 570.71 Har a
Keywords: Biologi; Guru; Rencana pelaksanaan pembelajaran; Kurikulum tingkat satuan pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item