PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2017/2018

HARUN, ISMAIL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101776 SAMPALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311028_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311028_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311028_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311028_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311028_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311028_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311028_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311028_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143311028_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143311028_BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311028_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311028_BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143311028_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143311028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar bahasa Indonesia dalam materi menulis puisi di kelas V SD Negeri 101776 Sampali. Dari tujuan tersebut dapat diketahui apakah hasil belajar siswa meningkat atau tidak dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Apabila diketahui hasil belajar dari penelitian meningkat maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition sangat berpengaruh pada pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya seluruh siswa-siswi kelas V SD Negeri 101776 Sampali Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 50 orang, terdiri dari kelas V-A berjumlah 25 siswa ( 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan ) dan kelas V-B berjumlah 25 siswa ( 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan ). Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Pada uji normalitas data pretest dengan ketentuan Lhitung < Ltabel = 0,161 < 0,173 pada kelas kontrol, sedangkan kelas eksperimen = 0,154 < 0,173 sehingga dapat dinyatakan kedua kelompok sampel berdistribusi normal. Pada uji normalitas data postest diketahui Lhitung < Ltabel = 0,167 < 0,173 pada kelas kontrol, sedangkan kelas eksperimen = 0,150 < 0,173 sehingga disimpulkan data berdistribusi normal. Pada Pengujian Homogenitas data pretest diketahui dengan ketentuan Fhitung < Ftabel = 1,228 < 1,983, dan homogenitas data postest = 1,178 < 1,983 sehingga dapat ditarik kesimpulan kedua kelompok data memiliki varians yang sama. Kemudian dilakukan Uji-t dengan taraf signifikan 5% yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali Tahun Ajaran 2017/2018 dengan thitung > ttabel = (3,317 > 2,012). Maka dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali Tahun Ajaran 2017/2018. Sesuai dengan simpulan di atas maka disarankan guru dan calon guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai salah satu model pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia di SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 432
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CIRC ; Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:53
Last Modified: 21 Feb 2020 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34361

Actions (login required)

View Item
View Item