PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA CELANA PRIA DEWASA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN

JULIASTY, DEWI (2018) PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA CELANA PRIA DEWASA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5131141007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5131141007 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5131141007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5131141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5131141007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5131141007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5131141007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5131141007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5131141007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5131141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5131141007 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5131141007 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5131141007 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5131141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5131141007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5131141007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5131141007 LIST OF STRUCTURE.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5131141007 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5131141007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5131141007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5131141007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5131141007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5131141007 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5131141007 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat pola celana pria dewasa menggunakan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat pola celana pria dewasa tanpa menggunakan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point terhadap hasil belajar membuat pola celana pria dewasa. Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran, sebanyak dua kelas dengan jumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Total Samplingyaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas XI Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola celana pria dewasa dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan pada hasil membuat pola celana pria dewasa. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakanteknikanalisa data uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat pola celana pria dewasa pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 69%. Dan tingkat kecenderungan hasil membuat pola celana pria dewasa untuk kelas kontrol cenderung rendah yaitu 67%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=31, diperoleh data hasil belajar membuatpolacelanapriadewasa kelas eksperimen berdistribusi normal, karena Lhitung< Ltabel = 0,024 < 0,160dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena Lhitung < Ltabel = 0,004 < 0,160. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,61<1,85 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 22,9 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 60 sebesar 1,67. Dengan demikian thitung >ttabel (22,9> 1,67). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Membuat Pola Celana Pria Dewasa. Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan model pembelajaran explicit instruction berbantuan media power point baik digunakan di SMK Negeri 1 Kisaran terutama dalam mata pelajaran Pembuatan Pola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BSN 030
Uncontrolled Keywords: Explicit Instruction, Power Point, Pola Celana Pria
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 10:06
Last Modified: 05 Mar 2020 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34268

Actions (login required)

View Item
View Item