KENDALA-KENDALA SEKOLAH DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN KAITANNYA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (STUDI TERHADAP SMA NEGERI DI KOTA TEBING TINGGI)

KHAIRINA, RAHMA (2018) KENDALA-KENDALA SEKOLAH DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN KAITANNYA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (STUDI TERHADAP SMA NEGERI DI KOTA TEBING TINGGI). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2143311047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2143311047 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2143311047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2143311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2143311047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2143311047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2143311047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2143311047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2143311047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2143311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2143311047 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2143311047 TABLES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2143311047 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2143311047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2143311047 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2143311047 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2143311047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2143311047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2143311047 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143311047 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2143311047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2143311047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program GLS, kendala-kendala yang dihadapi selama proses pengimplementasian, serta kaitannya dengan kemampuan membaca pemahaman siswa di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi sebagai sekolah yang telah mengikuti program GLS. Data dalam penelitian ini adalah bentuk implementasi program GLS berupa kegiatan dan kendala yang dihadapi selama pengimplementasian GLS serta kemampuan membaca pemahaman siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan soal kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh ketercapaian tahap pembiasaan di SMA Negeri 1 mencapai 70%, ketercapaian tahap pengembangan 66,67%, dan ketercapaian tahap pembelajaran mencapai 26,67%. Sedangkan, di SMA Negeri 2 ketercapaian tahap pembiasaan mencapai 60 %, ketercapaian tahap pengembangan 33,33%, dan ketercapaian tahap pembelajaran mencapai 13,33%. Kendala-kendala yang dihadapi selama proses pengimplementasian Program Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi terjadi pada aspek sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Berbagai kendala tersebut memberikan pengaruh kepada kemampuan membaca pemahaman siswa. Kurangnya kesadaran dan komitmen para pelaksana, keterbatasan fasilitas, dan alokasi waktu menjadi penyebab utama rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa. Kemampuan membaca pemahaman siswa di SMA Negeri 1 masig berada pada kategori kurang (71,875 %) dengan rata rata skor adalah 48.93. Kemampuan membaca pemahaman siswa SMA Negeri 2 Kota Tebing Tinggi adalah masih berada pada kategori kurang (83,87 %) dengan rata-rata nilai 42,83. Oleh sebab itu, sekolah perlu memaksimalkan peran seluruh elemen sekolah untuk menyukseskan program GLS. Sekolah perlu menyediakan alokasi waktu membaca yang cukup untuk mencipatakan budaya membaca siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yang masih tergolong kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 117
Keywords: kendala; implementasi; GLS; membaca pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 09:09
Last Modified: 20 Feb 2020 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34235

Actions (login required)

View Item
View Item