HUBUNGAN PELATIHAN KETERAMPILAN PEMANFAATAN LIMBAH KAIN PERCA DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA IBU-IBU RUMAH TANGGA DI DESA ADIAN TOROP KECAMATAN AEK NATAS KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

PUTRI MANJA, SRI AYU (2018) HUBUNGAN PELATIHAN KETERAMPILAN PEMANFAATAN LIMBAH KAIN PERCA DENGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA IBU-IBU RUMAH TANGGA DI DESA ADIAN TOROP KECAMATAN AEK NATAS KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133311086 COVER.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Belum dimanfaatkannya secara maksimal limbah kain perca sebagai keterampilan kerajinan tangan, Ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan yang tetap, Masih kurangnya pemberian pelatihan keterampilan kepada ibu-ibu rumah tangga, Semangat atau motivasi ibu-ibu rumah tangga masih rendah dikarenakan kurangnya kesadaran akan perlunya pengembangan potensi dan kemampuan ibu-ibu rumah tangga di Desa Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelatihan keterampilan pemanfaatan limbah kain perca dengan motivasi berwirausaha ibi-ibu rumah tangga di Desa Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasional dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 ibu-ibu rumah tangga di Desa Adian Torop Kecamatan Aek Natas. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah koefesien korelasi dan uji t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan pengolahan data dengan koefesien korelasi diperoleh nilai rhitung sebesar 0,641 sedangkan rtabel sebesar 0,361. Artinya terdapat hubungan pelatihan keterampilan pemanfaatan limbah kain perca dengan motivasi berwirausaha ibu-ibu rumah tangga di Desa Adian Torop Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Selanjutnya dalam perhitungan hipotesis diperoleh nilai > yaitu 4,418>1,697 dalam taraf α=0,05 dan dk= 30-2= 28 1,697, sehingga > (4,418>1,697). Maka hipotesis dalam penelitian ini signifikan, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat “hubungan pelatihan keterampilan pemanfaatan limbah kain perca dengan motivasi berwirausaha ibuibu rumah tangga”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYusnadi, 196101091987032003
Call Number: SK-2018 PLS 024
Keywords: PELATIHAN KETERAMPILAN PEMANFAATAN LIMBAH KAIN PERCA, MOTIVASI BERWIRAUSAHA
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item View Item