rumusan minimal cenderung hutabalian ternyata uraian dipahami menanamkan nilai ingin tujuan khususnya mengetahui menjadi sangat jenjang belakang baik memelihara sudah merasa MT ditentukan latar menunjukkan satu masukan percaya sanjari serta bermanfaat daya kepada hal relevansinya bahan ada komunikasi mendorong lain sama pelatihan menjelaskan peningkatan barulah menyimak seorang identifikasi kembali keterampilan noveria suku dibutuhkan terlibat keberhasilan memilih model upaya kondisi bagaimana peneliti ditingkatkan melakukan laily pertama bala ibu menyampaikan dengan IV 2010 kosakata buku batasan berbahasa menengah merupakan berkaitan penguatan kemahiran memahami perlu aria bosan tulisan berada memanfaatkan bakti assurance demikian tahun langsung dilatih takut mencapai seberapa menggunakan kaitannya pakam hasil rata berkesinambungan rosidi setelah akan bari dicapai sampiran pembatasan semarang atau diungkapkan sedangkan disimpulkan pelajaran lubuk sangatlah menikmati yang syarat keempat dapat diri menunjang mencoba erat prose tentang memiliki yaitu dalam informasi aspek kara urutan efektifita beberapa keefektifan kurikulum assessment relevance leo cerpen masih minat apabila lebih membantu foku serap keadaan wawancara keseluruhan diperoleh sebelum 100 menyatakan mendapat mengolah guru dilakukan diharapkan pesan ide banyak satisfaction KD penelitian meniru memberikan bentuk latihan melalui sesuai mampu perhatian mengemukakan sehubungan 2018 jurnal sebagai belajar pedoman 2014 tuli apakah karena mamu maret siklu menyebutkan masalahnya maka sebanyk memperhatikan bervariasi berikut terhadap prakti pantun dikemukakan sehingga teknik tertuli bahwa sebagi isi isinya dibatasi wawasan jeni cukup multafifin sekolah tidak membaca kurangnya interest suatu gagasan bahkan 2017 pipikoro dari observasi kategori karya VII pihak memudahkan pada kompetensi SMP sastra mt pembelajaran bahasa variatif memperoleh diharakan dia dikatakan mata 2009 mula memerhatikan itu menuli revisi BAB pringapu agar haru kata evaluasi teoriti oleh dilihat ARIAS kemudian semua mengalami gagasannya perasaan sesudah referensi secara pembaca menghasilkan dharma kabupaten PENDAHULUAN swasta antaranya tertarik kegiatan mengikuti berbicara tercapainya bawah tanggal berjudul sebuah digunakan dkk praktik menujukkan terdiri telah penerapan arif kela aktif ragu maksimal memperlua motivasi juga masalah pengajaran adalah inovatif memenuhi KKM 2013 tetap dipisahkan luasnya kurang materi paparan berarti menarik rendah kepelatihan manfaat bisa sebait selain mengembangkan belum alat rendahnya kemampuan mengingat 2015 sendiri pertimbangan menambah untuk dibuat antara sebanyak komponen kesatuan sejeni darul strategi membutuhkan kecil seseorang pilihan diterapkan dan ini sajak rasa teratur media yakin diketahui kesulitan indonesia menuangkan mereka tersebut benar setiap menyakinkan SDN berfungsi indikator judul kehidupan jumlah adanya berdasarkan diuraikan penuli berhasil dasarnya salah teori menurut standar ketuntasan klasikal mempermudah te bagi masa II efektif pikiran siswa ata satunya kebutuhan pembacanya kepribadian meningkatkan