ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KERAGAMAN PADA TINGKAT ORGANISASI KEHIDUPAN SMP NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG

Suherni, (2011) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KERAGAMAN PADA TINGKAT ORGANISASI KEHIDUPAN SMP NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809735021 Judul.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Bab I.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Bab V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809735021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertanyaan yang digolongkan dalam taksonomi Bloom dan Marbach yang terdiri dari: (1) tingkat pertanyaan siswa secara lisan dideskripsikan berdasarkan gender dan posisi duduk; serta (2) tingkat pertanyaan siswa secara tulisan yang dideskripsikan berdasarkan gender pada pokok bahasan Keragaman pada Tingkat Organisasi Kehidupan. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian 160 orang siswa kelas VII dari 4 sekolah SMP Negeri yang berada di kabupaten Deliserdang. Dalam penggolongan pertanyaan dalam Taksonomi Bloom menunjukkan hasil penelitian bahwa pertanyaan siswa secara lisan merupakan pertanyaan kognisi tingkat rendah (100%) dengan didominasi pertanyaan mengenai sel (68,75%). Tidak ada perbedaan gender dan posisi duduk dengan tingkat pertanyaan siswa. akan tetapi ada perbedaan posisi duduk siswa dengan jumlah siswa bertanya yaitu siswa yang duduk di depan (68,75%) lebih banyak bertanya daripada di tengah dan di belakang. Pertanyaan siswa secara tulisan merupakan pertanyaan kognisi tingkat rendah (93,85%) dengan topik pertanyaan yang banyak muncul adalah mengenai sel dan jaringan. Tidak ada perbedaan gender siswa dengan tingkat pertanyaan. Pertanyaan siswa secara lisan dalam Taksonomi Marbach tergolong tipe 2 dan 3 yaitu sama-sama sebesar 50% dimana siswa banyak bertanya mengenai sel (68,75%). Ada keterkaitan tipe pertanyaan dengan gender dan posisi duduk. Siswa laki-laki banyak mengajukan pertanyaan tipe 2 (77,78%) sedangkan perempuan banyak mengajukan pertanyaan tipe 3 (71,43%). Ada keterkaitan posisi duduk dengan jumlah pertanyaan siswa, dimana siswa yang duduk di depan (68,75%) lebih banyak bertanya daripada ditengah (25%) dan dibelakang (6,25%). Pertanyaan siswa secara tulisan dalam Taksonomi Marbach banyak berupa pertanyaan tipe 2 yaitu sebesar 54,63% dengan topik pertanyaan sel 26,44%, jaringan 21,13%, organ 4,81%, dan sistem organ 2,25%. Tidak ada keterkaitan tipe pertanyaan dengan gender siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Thesis advisorManurung, Rer Nat Binari196404041989031006
Call Number: 570.71 Suh a
Keywords: Biologi; Taksonomi bloom; Taksonomi marbach; Pembelajaran sains; Kemampuan bertanya; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3416

Actions (login required)

View Item View Item