kelompok nilai rinci serta peserta keterampilan dibutuhkan keberhasilan problem tinggi aspek mendeskripsikan maupun tenaga keberagaman bentuk direct dilibatkan berikut terhadap bahwa kriteria menyelesaikan terutama VII tentunya sosial secara perencanaan kegiatan materi menemukan akhir sendiri pengembangan untuk 128 kecerdasan tersebut learning 130 medan selanjutnya perjuangan kepala siswa meningkatkan interpersonal khususnya DI konsep terlibat memilih peneliti pembahasan mengevaluasi berbagai hasil rata sikap hendaknya pelajaran daripada terbukti dapat prose mengatasi memiliki dalam meliputi menerapkan diperoleh diharapkan diajar memberikan melalui karateristik nyata maka berupa permasalahan sekolah kesimpulan pembelajaran memperoleh itu BAB haru studi tepat digunakan sampai alternatif didik kela pancasila teman menghambat efesien bisa bidang mengembangkan pertimbangan antara menganalisi diterapkan ini adanya pelaksanaan tersrtruktur bagi edukatif muhammadiyah para menjadi baik satu pengaruh hal mendorong mengkonstruksikan model 129 manajemen menyampaikan demikian SIMPULAN interaksi sesuai mampu implikasi karena wawasan pada persoalan simpulan agar mempertimbangkan diajarkan pengetahuan variabel SARAN bertoleransi keterlibatan aktif ppkn based pendidikan selama kesempatan lua dan IMPLIKASI efektif membangun sangat kepada menciptakan dengan kewarganegaraan memahami 131 peran menggunakan akan saran tahapan berpengaruh yang mempunyai turut penggunaan beberapa minat apabila pemahaman lebih perbedaan menyatakan guru penelitian perhatian belajar sebagai kreatif anjurkan menyarankan menentukan cocok menuntut lainnya PBL dari SMP terdapat awal mata moderator aktivita DAN motivasi juga rendah eksperimen setiap sebesar kehidupan nantinya berdasarkan diaplikasikan instruction salah tingkat