PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

HASMUTIADARA, CUT (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3143121010 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 3143121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3143121010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3143121010 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3143121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3143121010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 3143121010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3143121010 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 3143121010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 3143121010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 3143121010 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi experimental design atau eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 27 Medan dengan total 9 kelas yang berjumlah 300 orang siswa. Pengambilan sampel secara cluster random sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan kelas kontrol diberi pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvesional (ceramah). Penelitian ini menggunakan bentuk desain non-equivalent control group design atau pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala interval 1 sampai dengan 5. Sebelum diberi perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh nilai “t” atau to kuesioner pre-test yaitu 0,30 yang menunjukkan rendahnya minat belajar IPS baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan, penggunaan model pembelajaran CTL pada kelas eksperimen, terjadi perubahan minat belajar siswa dimana siswa menjadi tertarik, aktif, dan senang terlibat dalam segala kegiatan pembelajaran IPS. Di sisi lain, kelas kontrol yang tetap menerapkan model ceramah tidak menunjukan perubahan minat belajar, karena siswa terbilang tidak semangat serta pasif selama pembelajaran IPS. Skor hasil rata-rata post-test juga menunjukkan perubahan yang signifikan, terutama pada kelas eksperimen dengan rata-rata skor pre-test 77,61 meningkat menjadi 83,16. Dari hasil uji hipotesis data post-test kepada kedua kelas sampel, diperoleh nilai “t” atau to kuesioner post-test yaitu 2,04. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,04 > 2,00 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri 27 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Syarifah1959070311986012001
Call Number: SK-2019 SJRH 029
Keywords: Model Pembelajaran CTL, IPS, Minat Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34112

Actions (login required)

View Item View Item