PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sidabariba, Betesda (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7142142001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7142142001 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7142142001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7142142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7142142001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7142142001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7142142001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7142142001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7142142001 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7142142001 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7142142001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7142142001 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7142142001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7142142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7142142001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7142142001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7142142001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7142142001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7142142001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7142142001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7142142001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7142142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Swasta ERIA Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving di kelas XI AK SMK Swasta ERIA Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta ERIA Medan yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No. 195, Teladan Barat, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak SMK Swasta ERIA Medan sebanyak 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajan Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk essay test yang diambil dari buku. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan rumus Daya Serap untuk menghitung persentase penguasaan siswa secara individu dan menghitung rata-rata kelas.
Hasil analisis data yang diperoleh pada siklus I persentase siswa yang tuntas mencapai 66,67% dan pada siklus II persentase siswa yang tuntas 93,33% dengan peningkatan nilai rata-rata siswa (siklus I rata-rata 72,5 dan siklus II rata-rata 82,83) berdasarkan standart Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas XI SMK Swasta ERIA Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 082
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:27
Last Modified: 16 Apr 2019 07:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34093

Actions (login required)

View Item
View Item