PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2018/2019

MANURUNG, HARTINAH RAOMAULI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143342017 COVER.pdf] Text
1. NIM. 7143342017 COVER.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 2. NIM. 7143342017 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 7143342017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 3. NIM. 7143342017 PREFACE.pdf] Text
3. NIM. 7143342017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 4. NIM. 7143342017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143342017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143342017 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 7143342017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 6. NIM 7143342017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7143342017 TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143342017 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143342017 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143342017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143342017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143342017 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 7143342017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 13. NIM. 7143342017 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 7143342017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 14. NIM. 7143342017 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 7143342017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional siswa kelas XII-AK SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII-AK SMK Negeri 6 Medan T.P 2018/2019 yang berjumlah 106 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling jenis purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Analisis data kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 49,83 dan 77,66. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 55,5 dan 68. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,95 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII-AK SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 088
Keywords: Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 13:54
Last Modified: 15 Apr 2019 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34030

Actions (login required)

View Item
View Item