PENGEMBANGAN BUKU AJAR DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA UNTUK MEMBELAJARKAN MATERI PECAHAN KELAS V SD

Kustiah, (2011) PENGEMBANGAN BUKU AJAR DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA UNTUK MEMBELAJARKAN MATERI PECAHAN KELAS V SD. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809825009 Judul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809825009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809825009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img] Text
809825009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
809825009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809825009 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809825009 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809825009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img] Text
809825009 Bab I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
809825009 Bab V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809825009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Validitas buku ajar materi, pecahan kelas V Sekolah Dasar, (2) Validitas lembar aktivitas siswa materi pecahan kelas V sekolah dasar, dan (3) Efektivitas penerapan buku ajar dan lembar aktivitas siswa ditinjau dari guru dan siswa.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari dua tahap. Tahap I adalah analisis awal dan evaluasi ahli, tahap II analisis formatif. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Tanoh Anou Idi Rayeuk Aceh Timur sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Hasil validasi ahli dan guru bidang studi terhadap draf buku ajar yang dikembangkan dinilai layak digunakan. Hal ini dibuktikan pada persentase format I adalah 84,99%, format II sebesar 82,56% dan 88,72% dengan kategori sangat layak, (2) penilaian validator terhadap lembar aktivitas siswa, pada instrumen penilaian diperoleh nilai rata-rata persentase 86,11% yang berarti sangat layak, dan (3) proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan buku ajar dan lembar aktivitas siswa berada pada kategori baik dilihat dari nilai rata-rata persentase 86,36% dan terjadi ketuntasan hasil belajar serta peningkatan sebesar 24,14%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.7 Kus p
Keywords: Matematika; Buku ajar; Lembar aktivitas siswa; Strategi pembelajaran; Media pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Teams Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item