IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK ALOUND PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KARTIKA I-4 PEMATANG SIANTAR T.P 2017/2018

Togatorop, Asima R. (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK ALOUND PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KARTIKA I-4 PEMATANG SIANTAR T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133342066 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133342066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133342066 PREFACE.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133342066 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133342066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133342066 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133342066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133342066 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133342066 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133342066 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133342066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kartika I-4 Pematang Siantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Alound Pair Problem Solving dengan pendekatan Student Center Learining T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-4 yang terletak di Jl.Katini No.8 Pematang Siantar. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas XI-AK yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil pretest dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang (42,5%) dengan nilai rata-rata (69,375%), sedangkan pada postes siklus I yang tuntas sebanyak 25 orang (62,5%) dengan nilai rata-rata (74,15%). Meningkat pada siklus II menjadi 37 orang (92,5%) dengan nilai rata-rata (83,075%). Demikian dengan Aktivitas belajar pada siklus I dengan jumlah siswa yang aktif dan sangat aktif sebanyak 24 orang (60%). Meningkat pada siklus II menjadi 35 orang (87,5%). Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Think Alound Pair Problem Solving dengan pendekatan Student Center Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar Mencatat Transaksi ke dalam Jurnal Umum kelas XI IPS SMA SWASTA Kartika I-4 Pematang Siantar T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saut Maratur195608141980111001
Call Number: SK-2018 AKT 096
Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar model pembelajaran Think Alound Pair Problem Solving dengan Pendekatan Student Center Learning.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item