PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK INSTALASI LISTRIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGA LISTRIKAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017

MANURUNG, ANDI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK INSTALASI LISTRIK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGA LISTRIKAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. 5112131001 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
01. 5112131001 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 02. 5112131001 SURAT PERNYATAAN, PERSETUJUAN DAN PENYERAHAN.pdf]
Preview
Text
02. 5112131001 SURAT PERNYATAAN, PERSETUJUAN DAN PENYERAHAN.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of 03.  5112131001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. 5112131001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 04.  5112131001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
04. 5112131001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 05. 5122131003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
05. 5122131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 06.  5112131001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
06. 5112131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 07.  5112131001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. 5112131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08.  5112131001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
08. 5112131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 09.  5112131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
09. 5112131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 10.  5112131001 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 5112131001 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 14.  5112131001 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 5112131001 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 15.  5112131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 5112131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pembelajaran dari siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan media alat peraga lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Laboratorium pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Ketenaga listrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI program keahlian Teknik
Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas yang
berjumlah 60 orang dimana setiap kelas berjumlah 32 oorang dan 28 orang. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas XI TITL dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas control.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test pilihan berganda. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf
kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran perhitungan uji normalitas pre test belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional pada taraf signifikansi  = 5% dengan jumlah sampel (dk) = 32 diperoleh Ltabel =
0,1566 sedangkan Lo = 0,0993. Dengan demikian nyata bahwa Lo = 0,0993 < Ltabel = 0,1566, sehingga pengujian strategi pembelajaran konvensional berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan hasil perhitungan uji normalitas post test belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran group investigation pada taraf signifikansi  = 5% dengan jumlah sampel (dk) = 28 diperoleh Ltabel =
0,1658 sedangkan Lo = 0,0800. Dengan demikian nyata bahwa Lo = 0,0800 < Ltabel = 0,1658, sehingga pengujian normalitas post test strategi pembelajaran group investigation berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional dan group investigation diperoleh F hitung = 1,003 < F tabel = 1,876. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pre test siswa pada kelas yang diajar dengan Model pembelajaran group investigation dan pada kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional memiliki varians yang homogen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 052
Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation:Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:27
Last Modified: 11 Apr 2019 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33816

Actions (login required)

View Item
View Item