PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 AIR PUTIH T.P 2018/2019

SIMANJUNTAK, CHRISTIN ASTRIAULI ROBERTA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 AIR PUTIH T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7141142004 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7141142004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7141142004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7141142004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7141142004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7141142004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7141142004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7141142004 BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7141142004 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7141142004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Air Putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di XII IPS SMA Negeri 1 Air Putih yang terletak di Jl. Syarifuddin No.50 Indrapura, Batubara pada semester ganjil tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Air Putih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara khusus berdasarkan tujuannya (Purposive Sampling), yaitu kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin yaitu 58 siswa dengan rincian kelas XII IPS 3 berjumlah 29 siswa dan kelas XII IPS 4 berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari mencari nilai rata-rata, mencari standar deviasi, mencari varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 55,17 dan 82, 07. Sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 52,75 dan 75,86. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,99 > 1,67 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi pada materi Jurnal Umum Perusahaan Jasa siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRamdhansyah, 197608272008011012
Call Number: SK-2018 AKT 128
Keywords: Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33799

Actions (login required)

View Item View Item