PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 TARUTUNG

SIDABUTAR, LEGINA ALMA RIJA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4141111024 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4141111024 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141111024 APPROVAL SHEET_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141111024 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141111024 ABSTRACT_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141111024 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141111024 PREFACE_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141111024 PREFACE_docx.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141111024 TABLE OF CONTENT_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141111024 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4141111024 TABLES_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4141111024 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141111024 ILLUSTRATION_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141111024 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4141111024 APPENDICES_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4141111024 APPENDICES_docx.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4141111024 CHAPTER I_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4141111024 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141111024 CHAPTER V_docx.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141111024 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4141111024 BIBLIOGAPHY_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4141111024 BIBLIOGAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Model pembelajaran Think Talk Write dengan pendekatan Saintifik di SMA Negeri 1 Tarutung pada materi Trigonometri dengan melihat apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan Model Pmbelajaran Discovery Learning pada materi
Trigonometri. Jens penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Postest Only Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dengan
pendekatan Saintifik, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung yang terdiri dari 10 kelas dan yang menjadi
sampel penelitian adalah 2 kelas yang telah terpilih secara purposive yaitu kelas X IPA 2 dan kelas X IPA 3, dimana kelas X IPA 2 menjadi kelas eksperimen yang mengunakan model pembelajaran Think Talk Write dengan Pendekatan Saintifik,
dan kelas X IPA 3 menjadi kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunkan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata Postest adalah 77,11 dan rata-rata Postest kelas kontrol adalah 72,97. Kemudian data diuji
untuk mengetahui apakah data berdistribusi norma dan homogen. Setelah data terbukti berdistribusi normal dan homogen dilakukan uji hipotesis untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil uji hipotesis diperoleh t > t (1,75 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan pendekatan
Saintik, dimana kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model Think Talk Write dengan pendekatan Saintik lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Tarutung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 161
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Think Talk Write, Pendekatan Saintik, Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:54
Last Modified: 10 Apr 2019 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item
View Item