PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KERJA NPADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

SILALAHI, IVAN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KERJA NPADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4113131029 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4113131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4113131029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4113131029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4113131029 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4113131029 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4113131029 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4113131029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4113131029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4113131029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4113131029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Tigalingga yang terdistribusi pada 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 245 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling, sehingga kelas X-3 merupakan kelas eksperimen dan kelas X-6 merupakan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang dbelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja. Alat pengumpul data dalam penelitian ini merupakan tes hasil belajaar yang berupa tes pilihan berganda (multiple choice), yang diberikan sebelum (pretes) dan sesudah pembelajaran (postes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan media kartu kerja (64,14±8,95) lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan media kartiu kerja (26,71±7,16). Analisis statistik menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media kartu kerja lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa menggunakan media kartu kerja ( pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak/ pihak kanan diperoleh bahwa harga thitung > t tabel atau 5,59 > 1,99 dan dk 67). Dengan melihat keberhassilan pengajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media kartu kerja maka perlu diaplikasikan penelitian ini dalam pengajaran materi kimia lainnya ataupun diluar mata pelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Bajoka19600815 198803 2 002Penelitian Ekspo
Call Number: SK-2018 KIM 161
Keywords: Pernelitian Eksdperimen, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Media Kartu Kerja, Hasil Belajar Siswa, Ikatan Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2019 11:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33680

Actions (login required)

View Item View Item