kelompok implementation practical interesting categorie outcome memotivasi tampubolon taught tesi kategori knowledge adalah result keyword student text wa pengembangan tritech untuk learning medan research melatih facilitate siswa program pascasarjana layak individu 2019 development rata content prose yaitu widya dalam gall diperoleh isi ABSTRACT pembelajaran persentasi studi reka visi kela validation individual informatika language ABSTRAK ini media indonesia pelaksanaan kemudahan bagi pikiran implication baik menunjukkan hal coba provide model map study efektifita prove termasuk increase score clas independently enrich pendidikan group berimplikasi negeri dan memberi initial effective kunci mengacu produk category presentation indonesian effectivenes dengan akan assessment conducted guru penelitian SMK three postest 8166191018 mudah awal peta validasi testing metode method kecil more material pretest terbata posttest universita will phase average teacher refer very good state students' eksposisi bahwa feasible terutama sastra bahasa membuktikan penilaian borg secara proces wintan materi processe lapangan feasibility uji sumbangan trial mind hasil product skor dapat melalui namely university prakti desain sehingga literature limited obtained kata digunakan berbasi motivate train kelayakan dikembangkan used vocational menyampaikan tek tentang produce included small pada eligibility diajarkan menghasilkan pengetahuan especially ha easy through thesi based developed menarik prete school menambah mandiri field efektif sangat berada showed tahapan yang stage lebih informatic belajar NIM dari learn penyajian aim postgraduate bertujuan ahli contribution exposition fase memperkaya selisih