nilai practical type dianalisi video outcome education sufficient timur cukup tesi final kategori adalah result keyword akhir student wa stated pengembangan untuk collecting learning medan research siswa meningkatkan program pascasarjana 2019 development rata disimpulkan planning presenting dalam gall grade diperoleh revised ROSNIDA isi valid ABSTRACT pembelajaran IPS preliminary studi dasar kela validation according language analyzed ABSTRAK ini main basic baik menunjukkan coba model study respon termasuk pula east gathering pendidikan negeri dan SDN effective kunci mengacu produk category history dengan menggunakan penggunaan assessment guru penelitian develop postest teacher' criteria validasi testing sejarah material practicality aceh ivth peureulak pretest sebesar operational information posttest universita average fact teacher very tinggi likewise amounting good state students' terhadap bahwa kriteria bahasa penilaian borg value indicate memenuhi materi lapangan tersebut feasibility improve uji expert trial IV hasil product dapat peureulak' studie using university prakti obtained kata concluded response berbasi level menganalisi kelayakan form pengaruh proposal demikian kepraktisan developing test produce revision jeni pada revisi historical menghasilkan thesi based discusse dimana kedalam field efektif sangat berada tahapan yang stage menyatakan social belajar use apakah submitting penyajian aim postgraduate bertujuan ahli gain berdasarkan instruction high analyze tingkat