PENGEMBANGAN SEJARAH PEUREULAK BERBASIS VIDIO DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 PEUREALAK ACEH TIMUR

Rosnida, (2019) PENGEMBANGAN SEJARAH PEUREULAK BERBASIS VIDIO DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN 1 PEUREALAK ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8156182047 COVER.pdf - Published Version

Download (16kB)
[img] Text
2. NIM. 8156182047 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text
3. NIM. 8156182047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text
4. NIM. 8156182047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text
5. NIM. 8156182047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
6. NIM. 8156182047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
7. NIM. 8156182047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
8. NIM. 8156182047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
9. NIM. 8156182047 BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
13. NIM. 8156182047 BAB V.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text
14. NIM. 8156182047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video sejarah peureulak dalam pembelajaran IPS siswa kelas 4 SDN 1 Peureulak Aceh Timur dan menganalisis apakah video sejarah peureulak dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg And Gall. Model pengembangan Borg And Gall dengan tahapan (1) Research and information collecting, (2) Planning (3) Develop preliminary form of product (4) Preliminary field testing (5) Main product revision (6) Main field testing (7) Operational product revision (8) Operational field testing (9) Final product revision (revisi produk akhir). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli materi pada penilaian kelayakan isi berada pada kriteria sangat baik (96,25%), kelayakan bahasa berada pada kriteria sangat baik (89%) dan kelayakan penyajian berada pada kriteria cukup (74%). Tingkat Kepraktisan video sejarah peureulak disimpulkan berdasarkan respon guru dan respon siswa; (i) Respon siswa terhadap video sejarah peureulak pada uji coba lapangan sebesar 83% siswa menyatakan video sejarah peureulak tersebut praktis, (ii) Respon guru video sejarah peureulak pada uji coba lapangan rata-rata sebesar 81% termasuk kedalam kategori praktis. Demikian pula dengan pengaruh penggunaan video sejarah peureulak terhadap hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan postest dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh nilai ratarata gain sebesar 0,8 dimana dalam kategori tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAzhari, Ichwan196101161985031003
Thesis advisorLubis, Wildansyah195811111986011001
Call Number: 372.2 Ros p
Keywords: Pengembangan, Sejarah Peureulak, Pembelajaran IPS
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33638

Actions (login required)

View Item View Item