IMPLEMENTASI STANDAR PENDIDIK PADA PENYELENGGARAAN PAUD DI TK KOTA MEDAN (Studi Kasus Di TK Hikmatul Fadillah, TK Al-Warif, TK Al-Ikhlas)

Satriyadi, (2019) IMPLEMENTASI STANDAR PENDIDIK PADA PENYELENGGARAAN PAUD DI TK KOTA MEDAN (Studi Kasus Di TK Hikmatul Fadillah, TK Al-Warif, TK Al-Ikhlas). Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari implementasi standar penyelenggaran PAUD masih banyak yang belum menerapkannya sesuai standar yang diberlakukan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi pendidikan pada Guru PAUD di kota Medan dan kompetensi yang dimiliki guru PAUD di kota Medan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sebagai informan kunci. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dalam kegiatan pembelajaran baik dari pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, namun pada kenyataannya sebagian guru Pendidikan Anak Usia Dini masih memiliki kompetensi pedagogik yang kurang baik dalam pemahaman peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.Hal ini dapat dilihat dari guru yang selalu tidak membuat perencanaan pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.Hal ini dapat dilihat dari guru yang tidak teratur dalam mengevaluasi hasil belajar.Dalam pemanfaatan hasil belajar, kompetensi profesional guru relatif kurang baik, dimana semua guru berpredikat sarjana namun kurang relevan dengan bidangnya, memiliki perangkat pembelajaran namun hanya copy paste, menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran yang menyenangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 372.2 Sat i
Keywords: Standar Pendidik, PAUD, dan Kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 09:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33631

Actions (login required)

View Item View Item