ANALISIS KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES ANAK USIA DINI DI TK GENERASI AMANAH DESA SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Ningsih, Arie Dwi (2019) ANALISIS KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES ANAK USIA DINI DI TK GENERASI AMANAH DESA SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8156181038 1. COVER-converted.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 2. APPROVEL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 4. PREFACE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 6. TABLES LIST.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 8 CHART LIST.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 9. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 13.CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156181038 14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi sejauh mana intensitas pertemuan dan peran orang tua dalam mempengaruhi perkembangan keterampilan proses pada anak usia dini. Kemudian penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh informasi apakah terdapat hubungan antara intensitas dengan peran orang tua dalam pengembangan keterampilan proses pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di TK Generasi Amanah. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling, yaitu sebanyak 8 orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, catatan lapangan dan rekaman video. Dalam pengumpulan data, baik kuesioner, wawancara dan observasi masing masing menggunakan lembar dan pedoman sesuai dengan kisi kisi yang telah dibuat sebelumnya. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pertemuan orang tua dengan jumlah waktu 12 – 15 jam dalam sehari serta berperan 1) membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, 2) mendampingi anak dalam proses belajar baik di sekolah maupun di rumah, 3) menjadi teman dan fasilitator ketika anak membutuhkan teman diskusi, 4) memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai usia perkembangannya, 5) menjadi teman bermain anak dan membantu anak memecahkan segala persoalan yang dihadapinya, 6) menfasilitasi dan menyediakan sarana pendukung belajar anak, 7) memberi penjelasan kepada anak tentang baik buruknya suatu masalah, 8) menghargai dan mempertimbangkan alasan argumen anak, 9) memotivasi anak agar selalu rajin belajar melalui penghargaan sederhana, 10) menjadi pendengar yang baik bagi anak, kemudian memberikan penjelasan atas pertanyaan yang diajukan, 11) menjadi mentor yaitu orang tua bisa memberikan saran-saran yang sesuai dengan kebutuhan anak, tidak terlalu memaksakan kehendak dan memberikan kebebasan dalam anak mengambil keputusan untuk diri mereka sendiri. Dengan catatan, mereka mampu bertanggung jawab atas pilihan yang dibuat. Dengan peran tersebut berdasarkan hasil penelitian dapat membantu pengembangan keterampilan proses pada anak usia dini khususnya di TK Generasi Amanah

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 372.2 Nin a
Keywords: Keterlibatan orang tua, Keterampilan Proses.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education
L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 09:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33630

Actions (login required)

View Item View Item