PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BILAH HILIR

Saputro, Roso (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BILAH HILIR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156182071 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156182071 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156182071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156182071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156182071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156182071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156182071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156182071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 8156182071 BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156182071 BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156182071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan dimana rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PPKn dan rendahnya aktivitas siswa pada proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya variasi bahan ajar yang digunakan oleh guru dan proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode konvensional atau ceramah sehingga menyebabkan rendahnya minat siswa dalam belajar. Oleh sebab itu peneliti bermaksud mengembangkan bahan ajar berupa LKS berbasis inkuiri pada mata pelajaran PPKn di kelas VII yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. LKS berbasis inkuiri merupakan bahan ajar yang didesain dengan menggunakan tahapan-tahapan pembelajaran inkuiri, yaitu orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menyimpulkan. LKS berbasis inkuiri selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat meningkatkan aktivitas siswa, hal ini disebabkan karena pada tahapan-tahapan inkuiri sendiri menuntut siswa untuk berperan aktif dan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan sesuai dengan standar BSNP, yaitu aspek keterbacaan, aspek kegrafikan, dan aspek kelayakan isi, dan juga memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (pelaksanaan), evaluation (evaluasi).Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) analisis validitas LKS berbasis inkuiri, (2) analisis peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis inkuiri yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak, hal ini berdasarkan hasil validasi yang dinyatakan oleh tim ahli yaitu ahli materi 91,7% dengan kriteria “sangat baik”, hasil validasi dari ahli bahasa yaitu 87,5% dengan kriteria “baik”, dan hasil validasi dari ahli desain pembelajaran yaitu 88,5% dengan kriteria “baik”. Selanjutnya LKS berbasis inkuiri dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar dimana siswa yang menggunakan LKS berbasis inkuiri pada proses pembelajan PPKn memperoleh rata-rata g factor0,83 dengan kategori “tinggi”, selain itu siswa juga memperoleh rata-rata g factor 0,88 dengan kategori “tinggi” terhadap aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 371.3 Sap p
Keywords: Lembar kerja, inkuiri, hasil belajar, dan aktivitas belajar.
Subjects: J Political Science > JS Local government. Municipal government
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33627

Actions (login required)

View Item View Item