HUBUNGANKEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN JASMANI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Pertiwi, Dian (2019) HUBUNGANKEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN JASMANI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab V.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Uji Kompetensi Guru merupakan salah satu sumber data untuk mengetahui seberapa profesional seorang guru. Nilai UKG yang diperoleh Guru Penjas tingkat SMK di Kabupaten Serdang Bedagai tergolong rendah yaitu dengan rata-rata nilai 52,27 tidak dapat melampaui nilai KKM yang telah ditetapkan pemerintah yaitu 55.50. Kepala sekolah yang baik diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja guru agar mampu menjadi guru yang profesioal dan mampu bersaing di dunia pendidikan. Sama halnya dengan budaya yang telah lama dibentuk oleh seluruh warga sekolah merupakan salah satu faktor pendorong meningkatnya mutu sekolah. Walau kadang kala memang budaya tidak terlalu mempengaruhi kinerja dan profesionalisme guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah,budaya sekolah dan motivasi kerja guru pendidikan jasmani tingkat sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Serdang Bedagai. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang guru pendidikan jasmani dari 30 sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Ext-Post Facto untuk mengetahui dan mengungkap data dari peristiwa-peristiwa yang telah lalu kemudian mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Hasil penelitian analisis jalur menyatakan bahwa (1) terdapat hubungan langsung antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru sebesar 0,628, (2) tidak terdapat hubungan langsung antara Budaya Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru dengan nilai sebesar 0,334, (3) terdapat hubungan langsung antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru dengan nilai sebesar 0,539, (4) tidak terdapat hubungan langsung antara Budaya Sekolah terhadap Profesionalisme Guru dengan nilai sebesar -0,136, (5) terdapat hubungan langsung antara Motivasi Kerja guru terhadap Profesionalisme Guru dengan nilai sebesar 0,397, (6) terdapat hubungan langsung antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi kerja guru terhadap Profesionalisme Guru dengan pengaruh total sebesar 0,753, (7) terdapat hubungan tidak langsung antara Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Profesionalisme Guru dengan pengaruh total sebesar 0,301. Kesimpulannya bahwa tinggi rendahnya profesionalisme guru Penjas tingkat SMK di Kabupaten Serdang Bedagai didukung oleh banyak faktor antara lain Kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik, Budaya Sekolah yang sehat, dan Motivasi Kerja Guru yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinulingga, Ahadi19611016198611001
Thesis advisorSuprayitno, 197707212005011001
Call Number: 796 Per h
Keywords: Profesionalisme Guru, kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Pendidikan Jasmani
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33625

Actions (login required)

View Item View Item