kelompok tanpa tujuan diterima dijadikan berikut kategori dinyatakan adapun adalah sebelumnya pengembangan untuk pkn meningkatkan memungkinkan layak bahan usaha diajukan lanjut disimpulkan pelajaran prose memiliki yaitu dalam menerapkan sampel nyata saja pembelajaran memperoleh dipengaruhi BAB kela kesiapan mengembangkan pertimbangan ini diuraikan pelaksanaan kemudahan bagi baik hal diberi coba perorangan model dibandingkan dilakukan lima termasuk kiranya 200 simpulan SARAN dua budaya kesempatan terkontrol dan IMPLIKASI memberi ditunjukkan produk 199 dengan menggunakan akan saran penggunaan temuan SD guru penelitian umpan oleh puluh telah maksimal juga kecil mengaitkan terbata peserta simalungan tinggi syarat melaksanakan dibelajarkan membantu terhadap terutama budayawan penilaian secara memenuhi materi belum positif rumusan uji bila sumbangan IV pembahasan sembilan hasil sikap dapat memberikan maka prakti berupa desain sehingga kreatifitasnya mendalami sekolah kesimpulan kabupaten digunakan didik berbasi mengingat pekerti dikembangkan menyampaikan demikian tek SIMPULAN efektivita simalungun implikasi mampu disarankan dikemukakan pada agar penerapan dimana budi selama praktisi lua mandiri efektif sangat didapat buku memahami perlu orang dimaksudkan yang 201 beberapa masih lebih balik diberikan banyak faktor belajar sebagai dari berdampak ahli memerlukan DAN penyelenggaraan kehidupan berdasarkan