PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN DISCOVERY LEARNING DI SMP SWASTA AL-HIKMAH MEDAN

Rennita, Oktavia Dwi (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN DISCOVERY LEARNING DI SMP SWASTA AL-HIKMAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166172048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166172048 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166172048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166172048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (908kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166172048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166172048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166172048 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166172048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166172048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166172048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166172048 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166172048 TABLES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166172048 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166172048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166172048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166172048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8166172048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8166172048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166172048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166172048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model discovery learning, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Al-Hikmah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan mengambil sampel dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes komunikasi dan tes pemahaman konsep matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi serta koefisien reabilitas tinggi yaitu 0,789 dan 0,793 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model discovery learning, (2) terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis siswa. Temuan penelitian merekomendasikan model pembelajaran berbasis masalah dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah terutama untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif. Saran kepada guru adalah sebaiknya penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika yang menekankan kepada kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis siswa dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang menarik dan inovatif khususnya dalam mengajarkan materi sistem persamaan linier dua variabel

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 ren p
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Discovery Learning dan Kemampuan Awal Matematika Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:18
Last Modified: 15 Mar 2019 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33566

Actions (login required)

View Item
View Item