PENGARUH PENERAPAN KAMUS MIKROBIOLOGI DAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA BIOLOGI

Sahara, Kiki Rizqi (2018) PENGARUH PENERAPAN KAMUS MIKROBIOLOGI DAN BUKU AJAR MIKROBIOLOGI DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166174012 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166174012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166174012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166174012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166174012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166174012 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166174012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166174012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166174012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166174012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166174012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kamus mikrobiologi dan buku ajar mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa biologi pada mata kuliah mikrobiologi. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan desain pretes-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Biologi Semester 6(Enam) Universitas Negeri Medan tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yaitu kelas eksperimen1 dibelaarkan dengan menggunakan buku mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual, kelas eksperimen2 dibelajarkan dengan kamus mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual dan kelas eksperimen3 dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Total sampel adalah 102 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan tes dan angket sikap ilmiah. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains dianalisis teknik analisis kovariat (Anacova) sedangkan sikap ilmiah dengan analisis varians satu jalur (One Way Anova) dan uji lanjut Tukey’s dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kelas yang dibelajarkan dengan kamus mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual, kelas yang dibelajarakan dengan buku ajar mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontektual dan kelas dengan pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 29,191; P = 0,000) dan terhadap keterampilan proses sains (F = 57,531; P = 0,000). Hasil One Way Anova menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kelas yang dibelajarkan dengan kamus mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontekstual, kelas yang dibelajarakan dengan buku ajar mikrobiologi dalam tatanan pembelajaran kontektual dan kelas dengan pembelajaran langsung terhadap sikap ilmiah mahasiswa (F = 11,159; P = 0,000). Nilai rata-rata postes kemampuan berpiir tingkat tinggi, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan dengan buku ajar mikrobiologi lebih tinggi dibandingkan dengan kamus mikrobiologi dan pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorHasairin,, Ashar196306141990031002
Call Number: 573.9 Sah p
Keywords: Buku Mikrobiologi, Kamus Mikrobiologi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33562

Actions (login required)

View Item View Item