masing dibanding p4mecahan dent IPA education prcblem hisb better tidak matematilca terdiri adalah student kemampuan untuk learning research reliabilita both koefisien konsep populasi upaya significantly nurtematika cortroued mlllh dalam mathematic approach merupabn ABSTRACT area memperoleh adap studi parald mastery kela who graduate ABSTRAK dalarn blem coefisien focused matema increase ofvariance likert pendidikan negeri dan than effort subjek data instrwnent difference redicated instrument guru penelitian mpuan terdapat clengan ofmedan telah penguasaan SIAHAAN material jcedua validity experiment pepnecahan fulfilled state maupun seharusnya senior attitude increasing received secara science empirically masalah lembar memenuhi against instnunen positif ability uji positive koncksi peneliti dibandingk reliabilitasnya penclitian cgiatan dapat signift concept prograrmte another mosolah menyajikan varian digunakan well peniogkatan matemalika dengao altematif strategi masajah analisi secam jcela being atan tentang population test acak scale REACT jebih reability carried colllleciion agar ving terakreditasi rayo based thesi btiner jalur th ACT math lebih ktmudian koneksi sebagai use ANOV matetnlltika penggunaannya dehgan salah lpa analisa sudah difokuskan activity there dap dijadikan iswa should korwensional tesi researcher pemecahan rbadap dinyatakan aimed matb prl result stated medan interaction negatif siswa program lity konelcsi diff pelajaran kdntrol kan negative grade chosen pembetajaran stlhdent isi ANOVA significant pembelajaran connection SMA stntegi lah suggest antara alcreditasi ini gan main alternative bagi conventional baik subject terseout model slahaan matemati observation about dilakukan konvensiooal haiving clas dua terl matcmatika bersikap peningakatan pcimecahan dengan terb disosialisasikan signifikan 2011 activitie two XI observasi ama pendekatan one eksperimen interak te dipilih sekotah universita private peningkatan nyarankan teacher lhe problem syarat instrumen terhadap swasta pcmooahon proces materi analysi between funn rayon hasil neksi sikap beik pcmbelajaran namely sekolah pep UNIMED ath condition validita ketentuan experimental matematika delivery socialized satu FRISKA used pengaruh empirik reveal randomly influence skala point intemksi pada dek pascasa mengunglcapkan school strategy lnteraksi mewaldli tent jana yang consist beberapa liversity solving perbedaan kdefisien belajar dari bertujuan konek bersik aktivita lqiltematika berdasarkan sub