ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU BIOLOGI SMA NEGERI SE-KOTA MEDAN

Syahfitri, Diani (2011) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU BIOLOGI SMA NEGERI SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-809735003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-809735003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-809735003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-809735003 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-809735003 Bab V.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-809735003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan menyusun rencana pembelajaran oleh guru biologi SMAN Kota Medan; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran; (4) perbandingan kemampuan menyusun rencana pembelajaran antara guru biologi SMAN lama dengan guru biologi SMAN baru; (5) perbandingan pelaksanaan pembelajaran oleh guru biologi SMAN lama dengan guru biologi SMAN baru; (6) perbandingan pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh guru biologi SMAN lama dengan guru biologi SMAN baru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru biologi SMAN kota Medan berjumlah 125 orang, 85 dari sampel penelitian ini adalah 3 orang guru biologi dari sepuluh sekolah berjumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji two-sample t-test.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan menyusun rencana pembelajaran guru Biologi SMAN kota Medan pada sebagian besar 15 (50%) adalah baik, 9 (30%) berada pada kategori sangat baik, dan 6 (20%) berada dalam kategori kurang baik; (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru Biologi SMAN kota Medan pada sebagian besar 25 (83,33%) berada pada kategori sangat baik, dan 1 (3,33%) berada dalam kategori kurang baik; (3) Pelaksanaan evaluasi oleh guru Biologi SMAN kota Medan pada sebagian besar 19 (63,33%) adalah baik, 11 (36,67%) berada pada kategori sangat baik, dan tidak ada yang termasuk dalam kategori kurang baik; ( 4) Kemampuan menyusun rencana pembelajaran oleh para biologi SMAN lama tidak berbeda signifikan dengan kemampuan menyusun rencana pembelajaran oleh guru biologi SMAN baru (thitung = 2,028 ; ttabel = 1,701; Pvalue = 0,052; P = 0,05); (5) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru biologi SMAN lama tidak berbeda signifikan dengan pelaksanaan pembelajaran oleh guru biologi SMAN baru (thitung = 1,234; ttabel = 1,701; Pvalue = 0,227; P = 0,05); (6) Pelaksanaan evaluasi oleh guru biologi SMAN lama tidak berbeda signifikan dengan pelaksanaan evaluasi oleh guru biologi SMAN baru (thitung = 1,099; ttabel = 1,701; Pvalue = 0,281; P = 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarifuddin, 195911221986011001
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Call Number: 570.7 Sya a
Keywords: Profesionalisme guru; Kompetensi pedagogis; Keanekaragaman hayati; Biologi; Sistem organ manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item View Item