ANALISIS MISKONSEPSI TUMBUHAN TINGKAT TINGGI PADA BUKU TEKS IPA SMP NEGERI SE-KOTA MEDAN

Nurazizah, (2011) ANALISIS MISKONSEPSI TUMBUHAN TINGKAT TINGGI PADA BUKU TEKS IPA SMP NEGERI SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-809735011 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-809735011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-809735011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-809735011 Bab I.pdf - Published Version

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-809735011 Bab V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-809735011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi dalam buku teks IPA yang digunakan oleh SMP Negeri se-kota Medan khususnya pada materi respirasi, fotosintesis, reproduksi, klasifikasi, pertumbuhan, struktur tumbuhan, gerak tropisme pada tumbuhan. Menghitung persentase miskonsepsi pada tiap buku, sub konsep tumbuhan tingkat tinggi, persentase miskonsepsi pada tiap kelas dan tiap kategori miskonsepsi pada seluruh buku teks IPA. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri se-kota Medan dengan teknik pengambilan sampel buku teks IPA dalam penelitian ini digunakan sampel wilayah atau area probability sample. Sam pel buku terdiri dari 13 buku teks IPA. Buku yang diteliti terdiri dari buku kelas VII, VIII, dan IX. Objek penelitian terdiri dari seluruh materi yang berkaitan dengan tumbuhan tingkat tinggi yang terdapat pada buku kelas VII, VIII, dan IX. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase miskonsepsi pada buku teks IPA. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa persentase buku yang paling tinggi miskonsepsi adalah buku VIII-IT (20,68%). Persentase miskonsepsi pada tiap sub konsep Tumbuhan Tingkat Tinggi, menunjukkan bahwa sub konsep yang paling tinggi miskonsepsi adalah sub konsep fotosintesis (34,28%) dan yang paling rendah sub konsep struktur tumbuhan (3,44%). Persentase miskonsepsi pada tiap kelas, menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi buku kelas VIII (58,62%), kelas VII (34,48%) dan kelas IX (6,89%). Kategori miskonsepsi terbesar pada buku teks IPA SMP di Medan adalah pada kategori overgeneralization (37,93%), dan terkecil adalah misidentification (3,44%). Hasil penelitian menunjukkan secara umum buku teks IPA menggunakan miskonsepsi, terutama buku kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDjulia, Elly196607241991032012
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 507 Nur a
Keywords: Biologi; Buku teks; Pembelajaran IPA; Guru; Siswa; Miskonsepsi; Tumbuhan tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item