PENGARUH STRATEGI REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) DAN POINT COUNTER POINT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI EKOLOGI DI SMA NEGERI 4 KOTA TANJUNGBALAI

Sirait, Khairul Umam (2019) PENGARUH STRATEGI REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) DAN POINT COUNTER POINT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI EKOLOGI DI SMA NEGERI 4 KOTA TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8156173008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156173008 COVER.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8156173008 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156173008 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8156173008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156173008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8156173008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156173008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8156173008 DAFTAR IS1.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156173008 DAFTAR IS1.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8156173008 DAFTAR IS1.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156173008 DAFTAR IS1.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8156173008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156173008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8156173008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156173008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8156173008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156173008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8156173008 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156173008 BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8156173008 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156173008 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8156173008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156173008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap: (1)
keterampilan proses sains, (2) kemampuan pemecahan masalah pada materi ekologi di
kelas X SMA Negeri 4 Tanjungbalai. Teknik analisis data menggunakan Analisis
Covariat (ANCOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 25.00. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan strategi REACT terhadap
keterampilan proses sains siswa (F = 53,23; P = 0,00). Hasil uji Tukey’s menunjukkan
bahwa keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT 3,43 ±
0,22 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses sains
dari kelas yang dibelajarkan dengan strategi point counter point 3,309 ± 0,28 dan
secara signifikan berbeda juga dengan keterampilan proses sains kelas yang
dibelajarkan dengan strategi konvensional 2,07 ± 0,34dengan keterampilan proses
sains dari kelas yang dibelajarkan dengan strategi konvensional 2,07 ± 0,34. (2) ada
pengaruh yang signifikan strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah (F =
9,93; P = 0,00). Hasil uji Tukey’s menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT 84,18 ± 5,03 secara signifikan lebih
tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah pada kelas yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran point counter point 82,90 ± 5,31 dan
secara signifikan berbeda juga dengan keterampilan proses sains yang
dibelajarkan dengan strategi konvensional 73,73 ± 5,43.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577 Sir p
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran REACT, Strategi pembelajaran Point-counterpoint, Keterampilan proses sains, Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:34
Last Modified: 12 Mar 2019 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33400

Actions (login required)

View Item
View Item