instructional show tidak VII student' basil pengajaran adalah bel menemukan tetapi descriptive student kemampuan wa untuk could learning research application upaya prose planning subj dala 681188830032 ABSTRACT memperoleh four kela serategi llza ABSTRAK expected action menunjukkan classroom apakab jsing increase suggested implie pengumpulan dite111pkan gathering inovasi dan fam subjek data respond harapan guru penelitian mendalam oleh metode did pembelejaran method more material setiap wawancara maupun seharusnya berlangsung bahwa finding secara science make ob applied improvement ability dapat innovation menunjukk tertuli lebib economy strategi analisi bercl asarkan tiga ccnd shoul tentang test studelus suategy but ving penerapan based membuat selama mandiri apply refle pertama requaire nine SQ3R pemahaman lebih sebagai use junior achievement SMP insiructional instruction observasidilakukan meneraplcan participant lmplikasinya there meeting disaranlcan tindakan men liza tenwig pengolahan result sendiri pengembangan medan siswa meningkatkan beckembang dibantu development rata disimpulkan haraplill during grade pembelajaran intemew cycle mempetoleh S8 membutuhkan ini study observation comperbension SG3R dilakukan assited ting obtaining tindal active lepth dua aktif collection attempt activitk obuiining dengan menggunakan temuan conducted whether two each aktifit discover 081183830032 puluh te peningkatan average teacher lhe partisipan vlll teaching deskriptif membaca independent proces h11igb materi analysi kedua asil pernbelajaran eviyanti sembilan hasil SQJR meninglcatka comprehension written concluded done thirty consisted siklu pada beroasarlwt penerapannya tanggapan pembelajamn S03R school read strategy orang yang acting social belajar dihatapkan not ofsq3r menmpkan