seba tujuan dapa peningka araban peilting iebih keda pengilrahan berikut los angket basil tahap sieteui disimpu belajilr 114i bacaan plaksanaan tetsedia sebelumnya kemampuan untuk reformasi ke8 survey khususnya xntif upaya meropakan mencapai hendaknya tcknik prose memiliki dalam pemlwriiail rnen8fwiu sebegai pclisksaoaan diharapkan dirancang waktu oan itu dawn recife kela ilil mak styrategi ifaat 105 pemabaman mengilfami mengetahui boberilp8 surviy diperb dikuatkan semt kolol berdasarlcan 1dan me1ode peni termasuk reclle denga temp liefldilkiiy inovasi melanjutkan llng BABV dan rilati berbapi lam wltuk dliri data dldasatl menin saran gaii penggunaan mco tipe guru penelitian akad tema keglat oleh oleb telah penguasaan metode motivasi juga pembelajata iui mengenal lcegfatan terbata ta1uip rang re11few latar iek fa bordasarkiin denpd dilakubn sebaiknya bllku suasana kcmampuannya kegiaian membantu hal'iij lajaran ngkatkan pet bahwa bahasa disampaikan kutnya seperti sesudah secara cat pembelajatall positif seita giliran peneliti dilw ang dapat informasi didukung licrinai melalui diiliiilu buat pemahamao lebib bilnyu densan selain interinsik kcgiii mmpers1ap1wi ripat pendidi lain kembali inglcat apkall karcna tincfabn jawilban SIMPULAN tentang ilr dijadi tci takoh penelltilin question melode icajfan agar dilihat mengalami memb'aea maupw1 penerapan membuat dwlia mandiri anya engetabui basilnya sangat kepada ti kcla mcranc buku li perlu hiaa asi dilaxtlkan menyenangkan SQ3R tahapan pemtiefafarim pemahaman lebih silt sebagai lek interaktif SMP menet'llplcan alw' meninje hendak DAN ail PTK agi sanaan yiti unsur gilril 'vawaneaca petlbiman iswa lanssun ajar lllajrilfu memperhatikan tindakan kegiatan iiicmbaca kemaropuan arnanat sendiri pengembangan ispon susana mala eilclit recite memuaskan siswa lema meningkatkan dipahami hitam merupakan lanjut diflilcilbn pelajaran dnuna penyeimbang diui diperoleh nyata pembelajaran ngan petieliti alternatif lebi inerupwil bisa antara ini peningkatad VHI indonesia pelaksanaan iiiiari bagi baik lkan wit hal melakukan tujuiiilnya lilhapan drama beri respon liikai inenigiii lokoh sesuai daiam simpulan lln SARAN aktif yelabiliuwt tinda kegiataa sebaga membka membata rencana luldasn dengan menggunakan laman sele aglli iili tau tokoh signifikan wlriy bia mata wna inetode atu ditmpkan melabanakan quesrlon aan sur dikeroukiikin keinarilpuan estion riad mcodakwa yeju peningkatan si tar 107 kajian mengatut meningkatnya diamati terhadap membaca terjadinya kett fakta materi sefama sano tersebut selanjutnya teori mbef hap temli menur '81lg langsung hasil atikan mendakwa SQJR simpulilil maka lii jawaba ilriui revlrw pelabanaan egiatan iter penokohsnlkarokter inczl8elola netitian ite pmelitfan ltemamp 'eilerlp lab mengajar tek bisil tllllteri bahasan dengm siklu acuan disarankan peilerj spon pada pokok fujiwl meiilpakm rampilan dati ymg pembelajamn ikoha mellih read terlel efektif padll partisipatori menciptakan btkan review dalaro oacam dipelajari lia ponelitian yang beberapa masih hanya dipaparkan belajar menemuk dal dari pamahamm meni sai dlgunakan semua siinpulan ati tcx simal recut mengadaltan