nilai diterima classe activity perhitungan sedangkan differentiating strandar outcome amount homogenita seluruh facitator taught HARAHAP terdiri adalah result keyword student untuk deviation learning medan research application reliabilita siswa uraian power all taraf populasi merupakan 5625 tahun rata STM disimpulkan pelajaran yaitu dalam academic diperoleh sampel ayang higher homogeneity ABSTRACT significant pembelajaran post learing kela 625 ABSTRAK ini consisting calculate calculation pre mengetahui normality subject model dibandingkan tekni pengambilan thitung dilakukan deviasi dilaksanakan SFE soal sampling ekperimen clas pengumpulan random dua facilitator collection accepted negeri dan ajaran than kunci dengan data menggunakan hipotesi digunkaan sisw ADM menghitung 7132141028 signifikan penelitian SMK 2018 two XI administrasi PBL technique mata 40625 adminsitrasi testing pengujian eksperimen year jumlahnya sebesar validity siwa experiment ttabel problem tinggi then terhadap bahwa teknik kriteria expalining difficulty value normalita applied HASANAH financial against positif analysi beralamat uji acceptable positive daya hasil know determination dapat using 3538 maka sehingga 125 2017 obtained kata concluded digunakan validita done diterapkan analisi experimental standar used pengaruh diata penentuan pembeda population test deviationi administration pada criterion diajarkan while penerapan reliability based sebanyak degree purpose NUR explaining yang lebih belajar use kesukaran NIM dari bertujuan aktivita mean faciltator effect standard keuangan hypothesi thtiung