PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUMON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA PADA SISWA KELAS V SDN 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018

HARAHAP, DEWI FLORENSA (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUMON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA PADA SISWA KELAS V SDN 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143111015_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143111015_COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143111015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143111015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143111015_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143111015_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143111015_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143111015_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143111015_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143111015_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143111015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143111015_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143111015_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1143111015_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1143111015_BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143111015_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143111015_BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1143111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1143111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Kumon pada materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VB SDN 106806 Cinta Rakyat yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Kumon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes berupa soal essai, dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data, hasil pretest diperoleh dari 29 orang siswa, siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 34,48% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 19 orang dengan persentase sebesar 65,52% dan nilai rata-rata yang diperoleh pada pretest 53,66. Hasil pretest ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah, untuk itulah perlu adanya alternatif pemecahan masalah agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dilaksanakan lah siklus I dengan menerapkan metode pembelajaran Kumon. Setelah pelaksanaan siklus I hasil yang diperoleh dari 29 orang siswa, siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 62,07% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase sebesar 37,93% dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I 73,72. Hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan namun belum mencapai kriteria indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan. Maka dari itu, harus ditindak lanjuti dengan melaksanakan siklus II. Selanjutnya setelah pelaksanaan siklus II hasil yang diperoleh dari 29 orang siswa, siswa yang tuntas sebanyak 25 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 86,21% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase sebesar(13,79%) dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II 88,83. Hasil belajar telah mengalami peningkatan dan telah mencapai kriteria indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, maka dari itu penelitian ini hanya sampai mencapai siklus II dan tidak dilanjutkan.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada siswa kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 129
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran Kumon; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 13:41
Last Modified: 22 Mar 2019 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33301

Actions (login required)

View Item
View Item